Ephie2's Blog

Just another WordPress.com weblog

biomekanika Desember 16, 2009

Filed under: kuliah — ephie2 @ 10:36 am
Tags: , , ,

KESEIMBANGAN

Faktor yang mempengaruhi keseimbangan untuk gerakan roll depan adalah keseimbangan berbanding lurus dengan luas dasar penumpu, stabilitas berbanding lurus dengan besarnya jarak proyeksi jatuhnya titik berat badan ketepi alas yang searah dengan gerakan, dan untuk memperoleh stabilitas maka titik berat badan harus jatuh didalam bidang dasar penumpu.

  • Aplikasi keseimbangan untuk gerakan Roll depan

Faktor yang mempengaruhi keseimbangan :

    1. Stabilitas berbanding lurus dengan luas dasar penumpu.
  • Implikasinya mula-mula posisi berdiri tegak dengan kedua kaki rapat. Untuk memperoleh stabilitas tinggi, harus memperluas dasar penumpu.
  • Sebelum memulai gerakan posisi badan membungkuk, proyeksi jatuhnya titik berat badan jatuh ditengah-tengah dasar penumpu, yaitu tumpuan kedua kaki dan kedua tangan.
  • Pada saat akan melakukan gerakan roll depan, proyeksi jatuhnya titik berat badan dipindah mendekati tumpuan kedua tangan dan tengkuk, tumpuan kedua tangan dan tengkuk merupakan tepi alas yang searah dengan gerakan roll depan.
  • Posisi siap melakukan guling depan.
    1. Stabilitas berbanding lurus dengan besarnya jarak proyeksi jatuhnya titik berat badan ketepi alas yang searah dengan gerakan.
    1. Untuk memperoleh stabilitas maka titik berat badan harus jatuh di dalam bidang dasar penumpu.
 

Tinggalkan komentar